Pages

Senin, 19 November 2012


Lahirnya Aliran musik Screamo/Post Hardcore dan komunitas EMO

Setelah tanya kesana kemari dan buka blog satu ke blog yang lain, akhirnya saya mendapatkan titik terangnya. Aliran musik yang sekarang disebut dengan Screamo/Post Hardcore, pada mulanya bernama Eksperimental Rock Hardcore, yaitu sebuah aliran musik Rock Hardcore yang diremix dengan sentuhan Virtual DJ dengan bits/tempo musik yang tidak beraturan sehingga menghasilkan musik yang lebih unik, variatif, enak dan asyik untuk didengar. Karena kebanyakan band2 pengusung aliran ini menyanyikannya dengan berteriak, maka aliran ini berganti nama Scream Rock Hardcore.

Aliran musik ini sebenarnya pertama kali muncul atau lahir di komunitas PUNK, tapi karena ketidakcocokan visi dan misi, akhirnya kelompok penikmat musik ini membentuk komunitas sendiri yang disebut EMO. Pada awal jaman berdirinya dulu, komunitas EMO selalu sembunyi2 untuk mengadakan perkumpulan atau menyelenggarakan acara buat mengekspresikan diri karena komunitas PUNK sering merecoki dan membubarkannya. Dulu komunitas PUNK menganggap EMO sebagai pengkhianat PUNK, tetapi dengan berkembangnya/bertambah banyaknya anggota komunitas ini, sekarang komunitas EMO lebih terang2an untuk mengungkapkan/mengekspresikan jati dirinya. Jadi, karena komunitas penikmat musik aliran ini bernama EMO, maka aliran ini berganti nama lagi menjadi Screamo/Post Hardcore yang berasal dari kata SCREAM dan EMO.

Banyak yang menganggap komunitas EMO adalah komunitas kaum HOMO/Trans Seksual (Gay dan Lesby), ada yang menganggap komunitas ini adalah plagiat PUNK dan ada juga yang menganggap komunitas ini bagian dari PUNK, tapi untuk semua itu saya tidak mau berkomentar banyak, karena semuanya tergantung dari setiap individu untuk menyikapinya. tapi yang pasti komunitas ini lahir dari satu keinginan untuk bebas mengekspresikan diri, tanpa beban, tanpa ikatan, tanpa halangan untuk menghasilkan sesuatu dan bisa dinikmati untuk diri sendiri maupun orang lain.

Jadi, jangan pernah takut untuk menghasilkan suatu karya dan mengekspresikannya, karena komunitas EMO lahir dari sesuatu yang baru dan perjuangan untuk membuktikan pada dunia bahwa EMO layak untuk bertahan, maju dan menang.

"BERTERIAKLAH UNTUK SEMANGAT, KEBENARAN DAN KEMENANGAN"

Jadi, inilah sedikit kesimpulan/rangkuman saya tentang aliran Screamo/Post Hardcore dan komunitas EMO. Saya minta maaf yang sebesar2nya apabila ada pihak2 yang merasa tersinggung dan saya juga minta maaf karena saya tidak mencantumkan nama pencetusnya dan tanggal/tahunnya, karena masih kurang banyaknya data yang saya dapat dan masih simpang siur.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates